Catatan SIMAK UI 2014 Pascasarjana

Dan akhirnya hari yang kutunggu-tunggu itu telah kulalui kemarin, Minggu 13 April 2014. Ya ujian masuk UI. Apabila gelombang ini tidak lolos, ada hal-hal yang perlu diperbaiki buat ikut gelombang berikutnya. Agak pesimis uey karena aku melakukan beberapa kesalahan baik di persiapan maupun ujian. Hal hal apa aja itu? berikut aku beberkan satu-satu:
1. Persiapan ujian
kesalahan pertama adalah aku membeli buku diskonan TPA dan TOEFL yang ngga jelas penerbit maupun penulisnya seharga 10 rb an. Awalnya kupikir buat latihan2 aja ngga pentinglah bukunya apa. Ternyata aku salah sodara2, dua minggu sebelumnya aku mulai tuh berlatih TPA dengan buku itu. Isinya si standar gitu ya, yang verbal adalah sinonim, lawan kata, hubungan kata trus kuantitatif (ini yang mulai mencurigakan) lah kok isinya soal matematika yang susahnya amit2 (sin-cos, log, difrensiasi, dll) langsung dech aku skip karena menurutku itu ngga mungkin keluar secara TPA kan buat mengetahui potensi pastilah soalnya yang dasar. Trus aku hanya ngerjain yang soal series cuma emang soalnya itu seriesnya aneh2 gitu walo aku tetap bisa menemukan polanya. Lanjut ngerjain soal logika yang biasa aja di buku itu. Kemudian setelah 1 minggu otak atik buku TPA aku ganti buku TOEFL. Yang buku ini juga sama walo kurang jelas penerbitnya dan penulisnya cuma agak mendingan karena aku jadi sedikit paham karena dilengkapi trik dan jebakan soal2 TOEFL. 
Berhubung aku ngga puas juga ma buku TPA yang itu, hari sehari sebelum ujian aku pelajari buku TPA bekas ayah ujian tahun lalu. Nah ternyata buku ini beneran, beda ya yang diskonan sama engga ha ha ha ha diskonan karena ngga laku karena isinya engga bagus (dodol emang gue ini). Aku kebut tu seharian. Kebetulan ayahnya libur, jadi anak2 kusuruh bawa ke mall seharian. 
2. Pas Ujian
Penting banget nih datang agak awal. Sehari sebelumnya memang dah liat lokasi, tapi ngga bisa liat ruangan karena dikunci. Hari minggu memang ramai di depan kompleks karena ada pasar kaget, aku minta berangkat jam 6.20 dan minta anter karena ngga mau waktu habis buat cari parkir. Penting banget nih klo mau bawa mobil sendiri harus datang pagi2 banget soalnya rameeee benerr. Pas kemarin jam 6.50 aja aku masih antree masuk UI. Untung dapat di Fak. Hukum deket dari pintu masuk. di drop sama ayah, langsung ke TKP trus antri toilet dulu. Belum sempet masuk toilet dah bel donk. Jadinya agak telat masuk ruangan.
Seperti biasa terkait ujian2 gitu seringnya dapat rejeki duduk di depan sendiri hi hi hi hi.
Pas dapat soal TPA yang pertama diujikan adalah verbal. Dan ternyata cuma 1 yaitu hubungan kata tapi susah benerrrr, aku susah menemukan hubungannya jadi kan susah juga menentukan jawaban yang tepat. Dari 30 soal aku menyesisakan 4 ngga terisi.
Oh ya, untuk TPA ini ada rule nya: jawaban benar +4, jawaban salah -1, tidak diisi : 0. jadi jangan asal nebak. 
Perlu diketahui bahwa jam tangan tidak boleh dipakai dan yang pakai kerudung dicek telinganya untuk memastikan tidak pakai earphone. 
Gara2 jam tangan ngga boleh dipakai jadi susah menentukan sisa waktu, si mba pengawas (anak mahasiswa) tiba2 bilang waktu kurang 5 menit....dodol banget dah pas ngerjain soal kuantitatif dari 35 soal aku hanya menjawab 15 doank hu hu hu hu. Dan ternyata si mba itu ngasih tau sisa waktunya dengan cara buat kotak arsiran di papan tulis (baru tau setelah ujian mau slesai)....ampun dech mana aku perhatiin mba kan sibuk mlototin soal. 
Lanjut soal logika, nah ini agak beda karena ada 3 soal yang berupa semacam tekateki (3 soal untuk 9 jawaban). Bener2 aku ngga mampu otaknya, udah main tebak aja lha klo ngga diisi 9 soal bo, mending tebak aja semoga tebakanku benar hi hi hi hi.
Setelah tes TPA istirahat 45 menit, 15 menit buat antri toilet dan 30 menit buat bengong2 sambil minum dan makan bekel. Aku dengerin curhatan bapak2 sama temennya yang intinya dia juga kesusahan menentukan sisa waktu dan soalnya. Bahkan dia dah pesimis dan gelombang 2 mau tes lagi dan doi dari batam (woooww berapa ongkos buat perjalanan, sayang juga klo ngga lolos dan harus ikut lagi).
Berlanjut test bahasa inggris. Bentuk soalnya cuma 2 yaitu structure (menentukan mana frase yang salah) dan reading. Reading ini harus belajar baca cepat karena panjang bener dan banyak. satu bacaan buat 5 soal (klo ngga salah). Jadi klo ngga baca cepat waktunya ngga bakalan cukup. Itu aja aku pas bener waktunya, 2 bacaan terakhir aku skip2 bacanya langsung ke soal tapi jadi bolakbalik liat bacaan. 

Mudah2an cukup ikut sekali dan ketrima (walo pesimis), Allah yang menentukan hasilnya apa pun hasilnya pasti terbaik untukku. Ngga lolos kali ini ya coba lagi gelombang 2.
 

Comments

Unknown said…
Alhamdulillah.....buat ceritanya kurang panjang...jadi aku susah untuk membayangkannya...anyhow...tankyu-ya
live love like said…
Trus lulus ga mba? Hehehe
wah jangan2 bapak2 yg dr batam itu tmn sekantorku, soalnya dia ikut tes thn kmrn n ga lulus di ui
Yeni said…
Terima kasih sudah mampir di blog ini. alhamdulillah lulus dan sekarang dah mau masuk semester 3 (tinggal tesis). mudah2an lulus on time
be_fairly said…
mb yeni, beli buku tpa simak ui yg "beneran" dimana tuh? rata2 yg jual online harganya murah mb
Yeni said…
@be_fairly maap ya ini blog jarang dibuka. Jadi mungkin terlambat informasinya semoga sekarang udah lulus tes SIMAK dan siap masuk kuliah ya hi hi hi hi
Beli di gramedia aja mba tp jangan yg diskonan ya, banyak kok yang bagus2 di gramed.
Unknown said…
Ass mb yeni. Sy blh tny mb diterima jurusan apa ya?
Yeni said…
wa'alaikum salam mba Novia,
maaf blog ini jarang dibuka. saya keterima di jurusan hukum ekonomi program pascasarjana fakultas hukum
Unknown said…
Mba yeni, klo s2 hk ekonomi ui pemaparan dosen + saat mhswa presentasi sering pake bhs inggris ga ya? Tlg dijawab.. Thx mba
Unknown said…
bisa lihat soalnya nggak
Asslm kak yeni... selamat ya ... smg sukses tesisnya. Kak, benar gak sih rumor bahwa untuk simak pasca diambil nilai tertinggi dr salah satu tes (TPA/Bhs Inggris)? Jadi cukup maksimalkan salah satu supaya bisa tembus s2 di UI? Mhn pencerahannya.., trmksh
Unknown said…
mbak saran dong
bulan des tahun lalu baru wisuda, rencana lanjut di ui
soalnya sama nggak yah mbak dgn yang di download di situs simak ui itu? kan banyak bget tuh mbak soal soal tes dasar gitu
Yeni said…
temen2 yg sudah kasih komen, mohon maaf ya blog ini jarang dibuka @shinta amelia, untuk hukum yg terkini referensi dari jurnal2 bahasa inggris tp pemaparan dosen dan presentasi mahasiswa pakai bahasa indonesia. @Kartika, alhamdulillah saya dah lulus dan wisuda tgl 6 Februari 2016 yg lalu, sepertinya siy ada persyaratan nilai lulus yg dari masing2 test TPA dan bahasa inggris bukan dari salah satunya saja. @substansi, pada dasarnya semakin banyak kita berlatih soal semakin baik karena kita tdk tau tipe soal yg mana yg akan keluar di ujian hi hi hi
Asalamu'alaikum mba yeni..
saya dian mau nanya saya mau ikut test UI utk fakultas hukum kira2 TPA mencakup pelajaran apa saja ya? Apakah ada kemampuan IPA/IPS nya? Mohon petunjuknya ya mba.. Terima kasih
Arya Pramudya said…
Mba Yeni jurusan S2 nya ambil peminatan apa mba?
Unknown said…
terima kasih postingannya sangat membantu.. kalo boleh tau rekomendasi buku TPA yg bagus apa ya mba?
Unknown said…
terima kasih postingannya sangat membantu.. kalo boleh tau rekomendasi buku TPA yg bagus apa ya mba?

Popular posts from this blog

Ulang Tahun Alif ke 2

Happy Birthday Bunda

Main Yuk