Manajemen Keuangan Keluarga

Tiba-tiba iseng pengin nulis masalah keuangan keluarga. Selama ini Alhamdulillah penghasilan dari 2 pintu alias aku ma suami sama-sama memperoleh penghasilan. Dari awal menikah kita sudah sepakat untuk mengelola penghasilan masing-masing dan kebutuhan rumah tangga tetap ditanggung suami...hi..hi.. alias gaji ku buat kebutuhanku pribadi dan sedikit2 nyokong klo ada kebutuhan yang besar. Knapa kita ga milih pengelolaan uang di satu orang saja? itu sebenarnya pilihan pribadiku, karena selama ini aku melihat ortu ku yang sama-sama kerja menerapkan pola yang sama dan mereka fine-fine saja. Trus lagi, kasian suamiku juga klo kagak pernah pegang duit...he..he..he...dan lagian saudara dia banyak yang tergantung secara financial ma suami...aku males urusan duit ma saudara. Secara garis besar review investasi dan pengeluaran keluarga sebagai berikut:

INVESTASI

1. Rumah
Alhamdulillah suami saat itu dah punya tabungan cukup buat bayar uang muka sisanya KPR Bank Lippo atas nama suami, tapi 3 tahun kita lunasi pake pinjaman dari kantorku. Selanjutnya potong gajiku yang ga berasa besarnya.

2. Mobil
Mobil kita beli patungan dari bonusku dan bonus suami, Alhamdulillah ga perlu utang alias beli cash.

3. Tabungan haji
Aku lupa ini duit dari siapa ya? hmmm kayaknya juga masing-masing punya andil...

4. Rumah Pemalang
Sebagian besar duit suami, aku cuma nambah dikit aja.

5. Mobil Ortu ku
Ini sebagian besar duitku, suami cuma nambah dikit aja...tapi ini sudah dihibahkan ke ortu.

6. Tabungan Pendidikan Thia
Ini dipotong dari tabunganku secara rutin per bulan.

7. Tabunganku
Ini semua sisa penghasilanku kutaruh di 3 rekening tabungan, deposito dan logam mulia...total besarnya suami kagak tau...hi..hi...

8. Tabungan suamiku
Semua sisa penghasilan suami di taruh di tabungan, saham, usaha kecil-kecilan punya saudara ma temennya dan lainnya kagak tau serta jumlahnya pun aku kagak tau....sama-sama dech.

9. Tabungan Pensiun
Klo aku murni ngandalin yang dikasih kantor aja, klo suami disamping dikasih kantor juga nambah sendiri di BNI Simponi.


sekarang ngomongin pengeluaran rumah tangga. Semua pengeluaran tangga pada dasarnya dibiayai ma suami, jumlah yang dia kasih Alhamdulillah lebih dari kebutuhan tersebut. Aku cuma punya andil dalam cicilan utang dan transport aku sendiri ke kantor.
PENGELUARAN
1. Cicilan utang multiguna

ini bener-bener ga berasa karena potong gaji langsung dan besarnya pun tergolong kecil banget...kayaknya sich buat ngikat pegawai biar ga resign soalnya pokoknya gede bo'.


2. Gaji pengasuh & pembantu
gaji mereka lumayan juga yah ngikutin pasaran di komplekku.

3. Keamanan dan kebersihan
per bulan rp 165, mahal yak?
4. Uang belanja harian dan aqua
Ini kujatah per hari 50 rb kadang abis kadang kagak tergantung hari itu masak apa dan aqua beli 2 galon seminggu sekali.
5. Listrik, telpon, dan air PAM
Untuk 3 item pengeluaran ini per bulan kira-kira 500 rb an, tapi lumayan untuk telpon rumah diganti ma kantor suami. Aku pulsa sebulan juga kagak abis 100 rb, hp dedek paling bayar 25 rb doank per bulan.
6. Transport ke kantor dan makan siang
Asli ini pos pengeluaran terbesar, buat transport aja per hari minimal 30 rb untuk sendiri ya..klo suami mungkin kurang dari 30 rb, belum klo kita ga bawa bekal sarapan...musti tambah pengeluaran makan pagi. Dan bakalan nambah lagi klo aku makan siangnya di luar kantor karena so pasti nenteng belanjaan yang lain...hi..hi...
7. Belanja supermarket, belanja-belanji lainnya, dan makan di luar.
Ini pengeluaran terbesar kedua (hmmmm ato jangan2 yang pertama ya?) seminggu pasti 1 kali pergi belanja di supermarket trus lebih seringnya lanjut makan di luar. Dan yang parah nich gara-gara kemajuan fasilitas bank jadi sering banget belanja online..hi..hi..seringnya barang-barang buat dedek si...
ada lagi yang kurang ga ya? yang pasti aku masih merasa berkecukupan malah berlebih. Alhamdulillah semoga berkah. Amin.


Comments

Popular posts from this blog

Ulang Tahun Alif ke 2

Happy Birthday Bunda

Main Yuk