Mengenang Mbah Sopi

Jujur aku ga terlalu deket dengan sosok ibu mertuaku aka mbah Sopi, faktor utama yang membuatku tidak dekat adalah perbedaan bahasa dan dialek..entah akunya aja kali ya yang susah memahami ucapannya..jadi seringnya aku manggutmangut aja. Klo sama ibu ku kan aku bisa seru tuh rumpi dan ledek-ledekan..emang jauh tipe mertuaku dengan ibuku. Pertama ketemu pas aku dibawa pulang sama calon suami untuk dikenalin sama ibunya. Waktu itu kedua mata beliau katarak nyaris ga bisa liat apa pun..yang berarti tidak melihat wajah calon menantunya yang ayu ini...hua...ha..ha...
Berlanjut dengan persiapan pernikahan sampai dengan menikah, ibu mertua tidak pernah rewel dengan kita. Setelah menikah, akhirnya ibu mertua berhasil operasi kataraknya dan Alhamdulillah bisa melihat sang menantu ini. Konflik mulai bermula ketika aku melahirkan si kakak yang menjadi cucu ketiga beliau, selama 2 minggu nungguin cucunya di rumah mulai tuh kita berselisih paham mengenai jamu melahirkan, perawatan bayi, sampai dengan pemberian susu. Aku kekeuh kasih ASI ekslusif dan mertua menganggap ASI ku ga bakalan cukup sehingga si baby harus dikasih susu formula dan dikasih makan..ohhhh NO! mulai saat itu aku sebel dech ma beliau.

Tapi untungnya kita kan ga tinggal serumah, jadi konflik ga berlanjut dan akhirnya beliau bangga juga setelah melihat cucunya montok walo pun cuma mik ASI. Setelah itu hubungan kita baik-naik saja mengalir seperti layaknya menantu dan mertua so so ajah.

Anak keduaku lahir aka cucu ke 4 ma'e (panggilan ibu mertua) menjadi kesayangan beliau..entahlah kata beliau mirip sama suamiku waktu bayi. Klo aku pandangi anak2 wajarlah kalau mereka mirip sama beliau lha wong suamiku aja mirip ma beliau...coba aja suamiku pakein kerudung wis podo karo ma'e...wwwkkkkk

Ada hal-hal kecil yang bukan salah ma'e tapi tidak kusuka dari beliau yaitu kebiasaan klo ngunyah makanan suka berbunyi dan posisi mulut terbuka..waksss ini turunan dari ibuku tuh gara-gara ibuku paling ga bisa ngeliat orang makan ngecap2 jadilah nurun ke aku dan keknya bakalan nurun ke Thia... dan lobang hidung beliau yang lebar dan ngadep ke atas...apa cobak..engga tau dech tiap ngeliat lobang hidung beliau aku tuh sebel ajah hu..hu..hu...dan naga-naganya kok Thia bakalan punya lobang hidung kek gitu ya...kualat aku.

Pas denger kabar beliau sakit aku biasa-biasa saja lha wong beliau sering sakit kok...ya kuanggap biasa aja. Trus kenyataan beliau harus ke ICU ya masih biasa aja soale malem itu masih bisa teleponan sama sang anak aka suamiku. Nah ketika suamiku mendadak memutuskan pulang buat jenguk mertua aku rada cemas juga. Giliran suamiku telpon aku harus nyusul pulang juga karena katanya kemungkinan waktu beliau diperkirakan 1 X 24 jam..hua...hua...panik juga kobatkabit nyari sopir. Alhamdulillah akhirnya sabtu siang (29/1/11) nyampe juga ke Pemalang langsung ke RS, waktu itu beliau masih sadar dan masih dadah2 ma anak-anak...kondisi dah nafas memburu dan keliatan sulit nafas...aku udah ga sanggup rasanya ngeliat penderitaan beliau. Akhirnya kita cuti hari seninnya dan pulang ke jakarta lagi, belum nyampe rumah kita ditelp kondisi beliau memburuk..hu..hu..hu...akhirnya dipasang respirator mesin. Aku sedih nangis membayangkan penderitaan beliau..tapi kok ya suamiku bisa tenang gitu lho. Aku dah memutuskan cuti hari Jum'at yang kejepit itu niatan rabu mau pulang lagi..lho kok malah si anaknya kagak bisa cuti..piye tho iki?

Pulang juga jadinya tapi jum'at malam by kereta argo sindoro, suamiku malam itu juga langsung nginap di rumah sakit. Sabtu pagi aku ke RS sama anak2 kondisi ma'e dah ga respon...air mata rasanya ga bisa berhenti mengalir ke pipi. Adik iparku cerita kalo ma'e sebelum sakit dah punya rencana ngadain acara dundunan buat Alif...rasanya kok gimana gitu aku dan pas hari minggu ibuku dari Muntilan datang nengok ma'e pas ketemu ma Alif sempet komentar pantes ni anak jadi kesayangan ma'e lha bocah nyenengin gini sayang ya beliau ga sempet nunggu gedenya Alif...hiksss asli perasaanku ga karuan..rasanya kok cepet banget beliau bakalan ninggalin kita...

Hari sabtu minggu bolakbalik beliau anfal...anak2nya dah standby aja. Sepertinya ada sesuatu yang menahan/masih diberatin sama ma'e. Hari minggu malam kita balik ke jakarta lagi dan jam 01.00 baru nyampe karena lumayan macet juga maklum malam senin. Hari senin masuk kantor seperti biasa, ehhh ditelp jam 15.30 WIB dikabari beliau meninggal (senin,7 Februari 2011 pukul 15.10 WIB)

Innalillahi wa innalillahirojiun.

Tanpa ba bi bu kita pulang, anak-anak kita tinggal. Alhamdulillah pemakaman berjalan lancar. Selamat jalan Mak, sampai ketemu di akhirat nanti. Semoga Allah memberikan kelapangan kubur dan menerima segala amal ibadah selama di dunia ini....hanya do'a yang bisa kuberikan. Terima kasih telah menjadi ibu mertua yang baik dan terima kasih atas pelajaran perjuangan hidup membesarkan anak2 tanpa suami selama 20 tahun. Maafkan aku juga kalo selama ini belum bisa menjadi menantu yang baik bagimu. InsyaAllah aku setia melayani anak lelakimu yang menjadi suamiku.

Comments

Popular posts from this blog

Ulang Tahun Alif ke 2

Happy Birthday Bunda

Main Yuk