Si Ganteng Kuning

Hari pertama setelah lahir, my baby boy anteng aja tidur..ndut jangan tidur mlulu nanti kuning lho! Sebenernya aku dah tau klo golongan darahku ma baby pasti beda dan peluang kuning besar. Tapi entah knapa aku juga males nyusu in...waktu itu kupikir ntar bau tangan klo sering kupeluk2. Dasar ibu dudul...bener tuh hari kedua dah keliatan kuning. Pas mau pulang dicek bilirubin dan hasilnya 16 langsung dech si dedek belum boleh pulang harus disinar biru dulu. Baru dech nyesel tuh knapa juga ga aku paksa nenen aja ya...
Kupikir sehari pasti dah turun bilirubinnya dan aku memutuskan untuk tetep nemenin dedek di RS lagian dibayar kantor ini ngapain aku pulang..ga tega ninggalin dedek dan gimana nanti asi nya. Pas pompa pertama dapatnya 20 ml..kupikir ya awal2 emang dikit. Selama disinar aku harus pompa asi 2 jam sekali buat dikasih ke dedek via botol karena ga boleh sering2 dikeluarin dari sinar biar efektif penyinarannya.
Hari kedua disinar dicek lagi billirubinnya dan hasilnya 15,5. Duhhh aku syok banget soalnya dari kemarin dah pede mau pulang. Saat itu aku nangis, gimana ga coba! Setelah tenang aku telpon temenku yang kemarin anaknya kuning juga, berdasarkan info temenku itu anakknya disinar 3 hari. Yah siap mental bakalan 3 hari juga nich..mana asi dipompa tetep dapat 20 ml doank..mulai dech sedih. Suami terus support jangan sedih biar asi nya lancar. Akhirnya aku import Thia ke RS buat nemenin aku biar ga terus-terusan sedih. Full day Thia ikut di RS...mpe nginap juga dia pulang cuma klo skolah. Ayahnya ke RS klo dah selesai sholat tarawih karena siang dia kerja..uhhh cuti ekstra buat istri melahirkan aja dia tetep kerja walo secara fisik ada di rumah..tega nian.
Dengan terus berdoa dan gigih tiap 2 jam pompa...akhirnya aku bisa menjalaninya. Klo dari 20 ml itu si dede masih kurang aku nyusuin langsung. Nyaris selama 3 hari aku ga tidur yang bener2 tidur karena tiap 2 jam aku harus bangun buat pompa. Alhamdulillah suster ma dokter anak nya support banget ma ASI jadi ga nawarin sufor sama sekali. Hasil pompa naik sedikit-sedikit jadi 40 ml di hari ke 3. Dan Alhamdulillah setelah 3 hari disinar dedek udah boleh pulang
.

Comments

Popular posts from this blog

Ulang Tahun Alif ke 2

Happy Birthday Bunda

Main Yuk